Hal yang harus kamu perhatikan saat temanmu membutuhkan penghiburanmu

Ada sebuah pepatah, teman yang sesungguhnya adalah orang yang mendekatimu di saat seluruh dunia menjauhimu. Ya, sahabat yang baik adalah orang yang ada untuk memberikan support di saat waktu sulit dan seseorang yang dapat diandalkan Namun seringkali, kamu bingung bagaimana untuk menenangkan dan menghibur temanmu itu. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat temanmu membutuhkan penghiburanmu:

1. Dengarkan dahulu

Dengarkan apa yang ia ceritakan, jangan memotong pembicaraannya sebelum ia selesai atau meminta pendapatmu. Fokuskan matamu pada dirinya dan jadilah pendengar yang aktif, saat temanmu berhenti sebentar dan melihat reaksimu, ulang apa yang baru saja ia katakan, tetapi dengan kata-katamu sendiri, untuk menunjukkan bahwa kamu benar-benar mendengarkan.

2. Mengatakan hal-hal yang positif

Puji hal-hal yang positif dari dirinya. Ungkapkan apa yang kamu kagumi dari temanmu itu. Buatlah ia berpikir kalau ia masih memiliki kelebihan-kelebihan dan sesuatu yang bisa disyukuri. Contoh: ketika ia baru putus dari pacarnya, kamu dapat menghiburnya dengan mengatakan “kamu masih punya keluarga dan teman yang peduli padamu” atau “kamu cakep / pintar kok, pasti nanti ada cowok/cewek lain yang bisa menghargai kelebihanmu itu

3. Biarkan ia melepas emosinya

Jika ia menangis atau mengungkapkan masalahnya dengan penuh emosi. Biarkan dirinya. Ia hanya ingin melepaskan semua beban pikirannya, jangan menekan mereka untuk menyelesaikan dengan cepat. Setelah ia puas dan merasa lega, maka giliranmu untuk berkata sesuatu.

4. Peluklah dirinya

Pelukan secara umum bisa menyalurkan energi positif seseorang kepada orang lain. Pelukan dapat membuat koneksi antara kamu dan temanmu. Ia akan dapat merasakan rasa cinta, peduli, dan simpatimu terhadap dirinya. Lakukan ini apabila kamu merasa pantas dan tidak membuat risih temanmu itu. (Kadang apabila temanmu itu lawan jenismu, bisa membuat dirinya merasa canggung)

5. Katakan bahwa kamu selalu mendukungnya

Katakan bahwa apapun kesalahan yang ia perbuat atau sesuatu yang ia alami, ia tetaplah temanmu. Kamu akan selalu ada untuknya, mendengarkan, dan membantu dirinya.

6. Tawarkan bantuan

Apabila kamu merasa bisa melakukan sesuatu secara nyata terhadap masalah temanmu. Tawarkan dirinya. Misalnya ketika ia baru saja dikeluarkan dari pekerjaannya, dan kamu memiliki suatu bisnis, kamu dapat mengajaknya untuk bekerja di tempatmu.

7. Ajaklah ia melakukan kegiatan yang ia suka

Setelah temanmu sudah merasa lega, kamu bisa mengajaknya untuk bermain, nonton bioskop, karaoke, pergi jalan-jalan ke mall atau apapun yang ia suka. Dengan melakukan hal yang ia suka, akan menjauhkan dia dari pikiran buruk dan menciptakan semangat baru pada dirinya.

 

Note:

1. Tidak usah cemas apabila kamu tidak bisa membantu menyelesaikan masalah temanmu. Kadang, ia sudah merasa senang mau didengarkan. Jangan memberikan saran yang kamu sendiri tidak yakin, karena dengan itu kamu hanya menyesatkan dirinya. Apabila ia setuju, kamu dapat mempertemukan dirinya dengan orang lain yang menurutmu bisa membantu dirinya

2. Jangan ceritakan masalahnya pada orang lain. Itu hanya akan membuat temanmu tidak mempercayai dirimu lagi

3. Kalau kamu melihat ia tampak lagi ada masalah, dan ketika kamu bertanya “kamu lagi ada masalah?” , ia tidak ingin menceritakan, jangan tekan ia terus dengan pertanyaan itu karena malah akan membuatnya merasa kesal. Kalau ia sudah benar-benar membutuhkan orang lain, pada akhirnya ia akan bercerita.

4. Hindari pembicaraan mengenai masalahmu sendiri. Meskipun masalahmu memiliki kesamaan dengan masalahnya. Kamu harus mengatakan hal-hal yang positif.

5. Saat ia bercerita, jangan mendengarkan dengan bahasa tubuh yang tampak ogah-ogahan atau malas-malasan

Tentang dianamarwa

Saya orangnya cuek,tapi tetap manis dan imut selain itu saya sayang terhadap orang-orang yang ada di sekitar saya. cewek super cuek,tapi tetap care terhadap sesama.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s